Social Icons

Senin, 17 September 2012

Melatih Power tendangan

Umumnya dalam semua beladiri cara yang simple untuk melatih power tendangan adalah dengan menggunakan media samsak. Menendang samsak  secara terus-menerus sampai goyangan samsak semakin jauh. Karena latihan itu perlu proses dan diulang terus menerus agar otot terbentuk dan terbiasa untuk menggunakan sebuah teknik.
Untuk meningkatkan power kaki bisa melakukan threatment-threatment latihan seperti, jumping drill : a.       lari-lari kaki diangkat sampai dada,
b.      melakukan squat (Jongkok-berdiri, jongkok-tendang-berdiri), cara ini paling powerfull untuk melatih power kaki. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam atihan squat karena akibatnya bisa hernis (turun berok).
c.       Banyak-banyak latihan mengulang suatu teknik tendangan sampai terbiasa,
d.      Menahan posisi tenadangan, misal side kick (yeop chagi dalam istilah taekwondo) setelah kaki lurus kemudian ditahan selama mungkin untuk melatih otot.
e.      Joging yang rutin.
 
Selain power, kelenturan kaki juga sangat mendukung untuk menunjang power tendangan. Beberapa Threatment yang bisa dilakukan untuk melatih kelenturan kaki :
a.       Cium lutut dalam posisi berdiri maupun duduk, posisi kaki tetap lurus.
b.      Posisi duduk, lurus kaki kanan-lipat kaki kiri kesamping kemudian cium lutut kan lalu ganti cium lutut kiri. Begitu seterus nya secara bergantian.
c.       Dengan melakukan latihan split, untuk latihan split jangan terlalu dipaksakan langsung dibuka lebar. Pelan-pelan dibuka sedikit demi sedikit. Split bergantian dari posisi kanan-kiri-tengah (diayun sedikit demi sedikit) kemudian tahan dalam posisi serendah mungkin sambil mencium lutut. Jangan sekali-kali langsung split lurus (dipaksa) kecuali memang sudah bisa split.
d.      Mengayun kaki lurus keatas sampai menyentuh dada.
Review dari beberapa taknik tendangan yang saya pernah lihat :
 a.  Masalah power, kick boxing sangat powerfull for 1 hit break (misal matahin kaki / rusuk)
b.  Taekwondo sangat cepat dan fluid,  kaki bisa ke badan, muka,  tendangan bisa dari berbagai arah kiri-atas-kanan-bawah. Power juga tidak kalah dibandingkan kick boxing. Power tendangan dalam teknik taekwondo berasal dari moment akibat ‘Snap” spedd tendangan itu sendiri. Hukum moment dalam fisika “semakin sedikit waktu yang digunakan untuk menyentuh suatu obyek maka moment tenaga yang ditimbulkan akan semakin besar”.
c.  Karate, akurasi dan stabil. Bisa converting form tendangan terus ke pukulan atau dari pukulan ke tendangan dengan sangat cepat dan stabil.
Dalam suatu teknik tendangan yang terpenting adalah FORM/BENTUK yang benar. Tanpa Bentuk yang benar tendangan yang dihasilkan tidak akan maksimal. Bisa jadi malah kaki anda merasa sakit akibat bentuk yang salah akibat otot terpelintir, dsb.
Selain berlatih menggunakan samsak dan threatment-threatment diatas (sebagai seorang taekwondoin) cara berlatih yang pernah saya laukakan adalah dengan menggunakan “karet Ban dalam”. Karet ban tersebut didikatkan ke pohon atau tiang ujungnya diikatkan ke pergelangan kaki. Cara ini bisa melatih Form, speed, maupun Power tendangan.

1 komentar: